THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Jumat, 29 Mei 2009

SOAL UJIAN MAHASISWA STIE

UJIAN TENGAH SEMESTER
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI DR. KHEZ. MUTTAQIEN
TAHUN AKADEMIK 2008-2009

Mata Kuliah : Islam III (Masalatul Fiqhiyyah)
Program Studi : Manajemen dan Akutansi
Semester : III
Sifat Soal : Tonk tuank toonk and luax lieux sebab Tuhan kita senatiasa hidup,
kerjakanlah dengan penuh suka ria dan riang gembira !


SOAL :

1. Pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan untuk hidup berdampingan secara damai, namun di tataran realitas, masih banyak yang terputus silaaturahminya hanya karena berbeda paham dalam persoalan fiqhiyyah. Persoalannya, apa yang akan anda pilih :
a. Mempertahankan keyakinan paham fiqih yang anda jalankan selama ini dengan rela menginggalkan silaturahmi dengan saudara sendiri.
b. Lebih memilih mempertahankan persaudaraan dengan terpaksa mengorbankan keyakinan pemahaman fiqih anda.
Apapun jawaban anda, yang penting alasannya yang argumentatif!!

2. Fungsi ushul fiqih dalam ajaran Islam sebagai salah satu alat dalam memperjelas beberapa hukum-hukum Islam yang masih global atau bahkan belum ada ketetapannya dalam sumber hukum Islam (Al-Quran dan As-Sunnah).berilah satu contoh hukum seperti apa yang dimaksud dalam persoalan ini.

3. Banyak madzhab di dunia ini, yang kita kenal saat ini saja ada 5 madzhab (Maliki,Syafii,Hanafi,Hanbali dan Ja’fari),faktor apa saja yang melatar belakangi terjadinya perbedaan madzhab tersebut.

4. Deskripsikan oleh anda materi yang akan anda bahas dalam perdiskusian nanti,minimal moqadimah, inti materi,dan penyelesaian masalanya.

5. Tidak ada satu ulama fiqih atau madzhab manapun juga mengajarkan kesalahan, keburukan, kemaksiatan dan lainnya, tapi semuanya pasti mengajarkan kebaikkan, kebijakan, kebajikan dan bertujuan mencari satu titik kebenaran yang sesuai dengan perintah Allah dan Sunnah Rasulullah, maka bagaimana menurut anda dengan satu keniscayaan, tentang satu keyakinan dari kalangan umat Islam sendiri, yang menyatakan bahwa umat yang akan diakui menjadi umat nabi SAW, adalah yang mengikuti sunnahnya,sedangkan kebenaran itu hanya satu, tidak akan ada dua, maka?menurut anda sendiri bagaimana?


Selamat Menikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar